Sabtu, 24 Mei 2008

Bis Sekolah untuk Pelajar Jakarta

Para siswa SMP dan SMA di Jakarta sudah mulai menggunakan fasilitas bus sekolah gratis. Sempat sepi peminat selama beberapa hari pertama, bus ini sekarang hampir selalu dipadati oleh murid sekolah, terutama pada saat jam bubar sekolah.Tetapi, pada pagi hari, bus masih terlihat sepi. Murid sekolah lebih menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi karena mereka khawatir terlambat ke sekolah.

Bus sekolah ini menerapkan peraturan yang cukup ketat bagi para calon penumpangnya. Tidak boleh ada yang boleh menumpang bus ini selain pelajar SMP dan SMA. Bahkan guru atau petugas dari Dinas Perhubungan sekalipun tidak diizinkan masuk oleh kondektur bus. Ini semua dilakukan untuk kenyamanan murid sekolah yang akan menumpang bus ini. Selain nyaman, daya tarik utama dari bus ini tentunya adalah tidak ada pungutan ongkos

Bus sekolah mulai diluncurkan pada tanggal 19 Juli oleh Gubernur DKI Sutiyoso dan beroperasi setiap hari Senin sampai Sabtu. Dalam satu hari, bus berjalan tiga kali yaitu pada pukul 05.30, pukul 11.00, dan pukul 15.00.

Calon penumpang bus ini sebenarnya harus menunggu di halte khusus berwarna kuning. Tetapi karena jumlah halte masih sedikit, untuk sementara, siswa boleh naik bus ini dari sembarang tempat. (Irfan-Riko/Juli07)