Sabtu, 24 Mei 2008

Penerimaan Siswa Baru Lab Shool 2008



Hari Minggu, 30 Maret 2008 kemarin Labschool Jakarta tampak ramai dan meriah. Lobby gedung baru berhias dan dipenuhi pameran hasil prakarya anak-anak. Beberapa guru yang bertugas menayangkan foto-foto dan video kegiatan para siswa tampak sibuk di depan layar komputer. Sekelompok siswa memainkan beberapa lagu dengan iringan ansamble angklung. Di lapangan tampak beberapa kursi disusun berjajar disediakan khusus untuk para orang tua. Sementara di tengah lapangan tampak karpet merah yang disediakan untuk performance para siswa. Di beberapa tempat terpasang spanduk yang menyambut para tamu yang datang. Hari ini Labschool benar-benar tampil beda.

Ada apakah gerangan? Rupanya hari ini Labschool sedang melaksanakan Tes Penerimaan Siswa Baru untuk calon-calon siswa SMA Labschool Jakarta. Sebanyak kurang lebih 1000 siswa dari SMP-SMP di area Jakarta Timur dan sekitarnya nampak mulai memasuki area sekolah. Dengan diantar orang tua dan keluarga mereka bergegas ke ruangan-ruangan tes yang sesuai dengan nomor ujiannya. Ketika tes dimulai pada pukul 08.00 para orang tua diarahkan ke waiting area selama tesnya berlangsung.

Tes sendiri diawali dengan tes psikologi yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kinerja siswa. Bekerja sama dengan Aditya Medical Center, sebuah lembaga psikologi yang sudah beberapa kali menjadi partner Labschool dalam proses perekrutan siswa baru. Tes psikologi ini selesai pada pukul 10.00 ketika para siswa berhasil menyelesaikan 5 mata uji psikologi. Kemudian para peserta tes dapat berisitirahat selama kurang lebih 15 menit.

Selama waktu istirahat, para peserta dan orang tua disuguhi pertunjukan para siswa mulai dari perkusi, tari modern, dan tari Saman yang sudah menjadi andalan SMA Labschool Jakarta. Penampilan yang berakhir tepat pukul 10.15 tersebut mendapat sambutan yang sangat meriah dari para penonton sebelum akhirnya para peserta kembali ke ruang tes masing-masing.

Tes sesi kedua dilaksanakan pada pukul 10.30-12.30 dimana para peserta tes harus menjawab 100 butir pertanyaan yang bertujuan untuk menguji kemampuan akademis mereka. Pertanyaan-pertanyaan yang berkisar pada pengetahuan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS cukup menyita energi dan pikiran, terbukti dari keseriusan para peserta dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Tes berakhir pukul 12.30 dan meninggalkan pertanyaan siapakah yang akan berhasil menduduki 225 kursi yang ditawarkan oleh SMA Labschool tahun ini. Jawabannya akan mereka dapatkan tanggal 4 April 2008 besok, baik di sekolah-sekolah Labschool maupun di website resmi Labschool. Semoga yang terbaiklah yang akan diterima di sekolah ini. (Ira Fasa)