Sabtu, 24 Mei 2008

SNMPTN Siap Untuk Dilaksanakan





Ditulis oleh Irwandi
Tuesday, 13 May 2008
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akhirnya siap untuk dilaksanakan. Setelah melewati lika-liku proses, mulai dari terjadinya kekisruhan SPMB, kesepakatan adanya panitia bersama, diiringi dengan rapat-rapat Makro dengan Dirjen Dikti sampai rapat detil/teknis di tingkat kepanitian, akhirnya pada 11 Mei di Surabaya, sebanyak 57 PTN sepakat untuk tetap melaksanakan SNMPTN dan menentukan waktunya. Demikian pernyataan resmi Dirjen Dikti, Fasli Jalal dalam konferensi pers di Gerai informasi Depdiknas (13/5).
Pendaftaran SNPMTN akan dibuka semenjak 16 Juni sampai 28 Juni dan pada 2-3 Juli ujian SNMPTN secara serentak akan diadakan di seluruh Indonesia. Perguruan tinggi peserta SNMPTN dibagi dalam tiga wilayah, yaitu wilayah Barat, Wilayah Tengah dan Wilayah Timur. Pada 1 Agustus 2008 dijadwalkan sudah ada pengumuman hasil Ujian SNMPTN.

Disepakati juga tidak ada kenaikan biaya pendaftaran. Sama dengan tahun yang lalu biaya pendaftaran untuk kelompok IPA dan IPS sebanyak 150 ribu rupiah dan bagi yang mengikuti kelompok IPC (memilih IPA dan IPS) sebanyak 175 ribu rupiah. Biaya-biaya itu digunakan untuk penyediaan fasilitas seperti soal ujian, pencetakan soal, distribusi, scanning lembar jawaban, penilaian dan pengumuman hasil seleksi.

Dirjen juga menambahkan panitia SNMPTN juga menyediakan Beasiswa Masuk Ujian (BMU). Sebanyak 16 ribu formulir dikirim ke 3000 ribu sekolah di Indonesia. Pihak sekolah dapat mengusulkan maksimum 5 orang siswa dan selanjutnya panitia dengan melihat segala kelengkapan dan validitas persyaratan yang diwajibkan akan melakukan seleksi. Bagi siswa yang lolos seleksi, akan memperoleh BMU. Bagi peserta undangan ini yang lulus di perguruan tinggi manapun akan diberikan beasiswa biaya pendidikan selama satu tahun. Untuk selanjutnya akan disambut oleh beasiswa dikti yang sudah reguler berjalan.

Kesepakatan ini bisa diambil, tidak lain karena adanya satu komitmen bersama untuk memberikan kemudahan bagi anak-anak bangsa untuk memilih perguruan tinggi pilihan mereka secara efektif dan tetap bermutu. Disamping itu, komitmen ini adalah juga dalam rangka memperkuat rasa kebersamaan dan keindonesian pada seluruh anak bangsa, terutama garda depannya adalah ada pada perguruan tinggi
By Irwandi