Sabtu, 24 Mei 2008

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA


Membaca artikel berbahasa Inggris tanpa terlalu sering membuka kamus sangatlah mengasyikkan. Kita membaca bacaan-bacaan berbahasa Inggris selancar kita membaca bacaan-bacaan berbahasa Indonesia.

Sekarang ini, tidak bisa dipungkiri bila kita ingin selalu mendapatkan informasi terbaru dalam bidang apapun, mau tidak mau kita harus berhadapan dengan bacaan-bacaan berbahasa Inggris. Hal ini dikarenakan informasi sekarang begitu cepat dan sangatlah tidak efisien untuk selalu menerjemahkan semua informasi ke dalam Bahasa Indonesia terlebih dahulu. Seperti informasi yang ada di internet, buku-buku di program pendidikan tinggi seperti di program magister atau doktoral, jurnal-jurnal ilmiah masih banyak yang menggunakan Bahasa Inggris; bahkan buku-buku kedokteran, managemen, akuntansi, tehnik, perhotelan, keperawatan masih sangat banyak yang berbahasa Inggris. Untuk menerjemahkan satu per satu dari buku-buku itu ke dalam Bahasa Indonesia, sangatlah tidak efisien dan memakan waktu, dengan demikian banyak buku yang dijual seperti apa adanya, yaitu berbahasa Inggris.

Menyikapi kondisi tersebut di atas, memang nampaknya tidak ada pilihan lain selain meningkatkan kemampuan dan kecepatan membaca kita, dalam Bahasa Inggris khususnya. Ya, kemampuan dan kecepatan membaca bacaan berbahasa Inggris harus ditingkatkan ! Lalu timbul pertanyaan :"Bagaimana caranya ?" Mari kita telaah beberapa metode yang ada.

1. Jangan terlalu mudah membuka kamus.

Tindakan yang perlu anda lakukan pertama ialah : "membaca bacaan berbahasa Inggris". Jangan pernah takut bahwa di awal-awal aktifitas anda membaca bacaan berbahasa Inggris anda mengalami berbagai kesulitan. Hal itu adalah biasa. Yang terpenting jangan pernah anda berhenti membaca hanya dikarenakan anda kesulitan mengerti bacaan yang sedang anda baca.

Agar dalam proses membaca anda mengalami kemajuan yang berarti (dari agak kesulitan, sedikit kesulitan, hingga tidak ada kesulitan sama sekali) hal yang sangat baik anda lakukan saat membaca bacaan berbahasa Inggris ialah jangan terlalu sering membuka kamus. Tahan diri anda untuk tidak membuka kamus saat menghadapi kata-kata yang tidak anda mengerti. Coba anda usahakan untuk menerka arti kata tersebut dengan melihat konteks kalimatnya secara keseluiruhan. Anda coba pahami arah pembicaraan suatu kalimat dengan seksama lalu anda terka kata-kata yang anda tidak mengerti sehingga anda tidak perlu membuka kamus untuk mengetahui arti kata tersebut. Kalau anda sudah merasa benar-benar tidak mengerti dan merasa sudah mentok, barulah anda buka kamus anda.

Metode di atas sangat besar manfaatnya untuk menghemat waktu dan tenaga. Coba anda bayangkan bila untuk membaca satu halaman buku saja anda membuka kamus sebanyak 10 kali. Kalau buku tersebut terdiri dari 100 halaman, maka anda akan harus membuka kamus sebanyak 1000 kali. Suatu perkerjaan yang melelahkan bukan? Berapa waktu yang diperlukan untuk membaca satu buku?

2. Biasakan membaca cerita atau artikel berbahasa Inggris.

Pembiasaan adalah cara yang paling manjur untuk mengasah terus kemampuan membaca bahasa Inggris anda. Dengan pembiasaan maka otak dan mata kita akan mempunyai memori yang baik. Ingat seorang pilot? Kemampuan dan keahlian terbang seorang pilot ditentukan oleh banyaknya jam terbang yang dia lakukan. Semakin banyak jam terbangnya, maka pilot tersebut bisa dikatakan lebih mahir dalam menerbangkan pesawat. Demikian juga dengan membaca. Semakin banyak membaca maka kita akan semakin mudah mencerna maknanya.

Sempatkan untuk membeli buku, majalah, atau koran yang berbahasa Inggris. Jika anda sebagai orang tua, alangkah bijaksananya memperkenalkan anak-anak anda buku-buku cerita yang berbahasa Inggris sejak dini. Dengan demikian mereka secara tidak sengaja akan terkondisi dengan bacaan berbahasa Inggris sehingga kelak mereka dewasa tidak akan mengalami kesulitan membaca bacaan-bacaan berbahasa Inggris yang lebih berat.

3. Cari partner dan ikuti kursus Bahasa Inggris.

Memiliki partner untuk meningkatkan kemampuan membaca kita cukup penting, karena melalui partnerlah kita akan mengetahui kekurangan-kekurangan kita. Dengan keberadaan partner maka kita akan terpacu untuk mengerti apa yang kita baca dengan adanya sesi tanya jawab atau diskusi. Selain itu keberadaan seorang partner juga penting untuk saling menjaga motivasi agar terus membara.

Tempat yang sangat baik untuk mendapatkan partner ialah di tempat kursus. Mengapa? Karena di tempat kursuslah berkumpulnya orang-orang yang mempunyai motivasi yang sama dibantu dengan arahan dari seorang pengajar.

Seorang pengajar yang baik akan mengarahkan para peserta kursus untuk membaca bacaan yang sudah terstandarisasi sesuai kemampuan peserta kursus. Sebagai misal, untuk tahap awal dipilihkan bacaan dengan jumlah kata-kata per bacaan sejumlah 250 – 300 kata. Lalu meningkat menjadi 300 – 400 kata, 600 – 700 kata hingga lebih dari 800 kata per bacaan. Di kursus Bahasa Inggris anda juga akan dilatih meningkatkan jumlah daftar kata-kata Bahasa Inggris yang anda ketahui.

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

Nur Arifah Drajati, S.Pd