Sabtu, 24 Mei 2008

Bisa Melihat "Hantu"

Udang mantis (Odontodactylus scyllarus).
Selasa, 20 Mei 2008 | 18:11 WIB

JAKARTA, SELASA - Dengan mata supernya, udang mantis yang hidup di sekitar terumbu karang mungkin dapat melihat hantu. Betapa tidak, hewan tersebut dapat melihat warna pantulan cahaya ultraviolet hingga inframerah.

Jika manusia hanya dapat melihat dengan kombinasi 3 warna primer, mata udang mantis dapat membedakan dengan kombinasi 11-12 warna primer. Selain itu, udang mantis juga memiliki kemampuan melihat langsung warna cahaya berbeda-beda dari polarisasi cahaya.

Seperti halnya beberapa hewan lainnya, seperti burung parkit dan semut, kemampuan melihat cahaya yang terpolarisasi dimanfaatkan untuk navigasi dan melihat mangsa. Mereka dapat melihat perubahan pola warna pantulan cahaya jika jatuh dari sudut berbeda-beda di permukaan benda.

"Udang mantis sungguh hewan yang aneh dan sekarang kami menemukan bahwa spesies ini dapat melihat dunia yang gaib bagi sebagain besar dari kita," ujar Andrew White, salah satu peneliti dari Universitas Queensland, Australia.

Bahkan, udang mantis dapat melihat polarisasi cahaya lebih kompleks yang disebut circular polarization. Polarisasi yang terjadi bukan hanya karena berkas cahaya yang jatuh lurus ini sangat jarang terjadi. Hanya beberapa benda yang menghasilkan polarisasi semacam ini, mislanya kunang-kunang, klorofil daun, kumbang jimat, dan tubuh udang.