Sabtu, 24 Mei 2008

Kunjungan dari Huazhong Normal University ke SMA LAB SCHOOL



Tanggal 19 Mei 2008 kemarin SMA Labschool Jakarta kembali menerima kunjungan dari sebuah institusi pendidikan di luar negeri. Kali ini tamu kita datang dari Huazhong Normal University (Central China Normal University), Wuhan. Kegiatan yang merupakan program kerjasama antara Departemen Pendidikan Nasional dengan Pemerintah Republik Rakyat China ini bertujuan untuk menjajaki kemungkinan kerjasama kedua negara terutama dalam bidang pendidikan, budaya dan bahasa China.

Selama kunjungannya di Labschool, delegasi Cina yang dipimpin oleh Prof. Xun Li, Deputy Dean Huazhong Normal University ini disambut 50 siswa-siswi dan pimpinan SMA Labschool Jakarta. Mereka juga disuguhi penampilan ensambel angkulng dari siswa-siswi kelas X SMA Labschool Jakarta di bawah bimbingan ibu Ohen Hendriana.

Selain berkunjung ke Labschool Jakarta, rombongan dari Cina ini juga berkunjung ke SMA Islam Al Azhar Jakarta dan beberapa universitas di Indonesia termasuk UNJ, UNESA, UAI dan LPMP di Pontianak, Surabaya dan Denpasar. Melalui program ini mereka menawarkan beasiswa kepada siswa-siswi SMA Labschool yang berprestasi untuk bersekolah disana. Sampai saat ini hanya sekitar 150 anak Indonesia yang sudah terdaftar di universitas-universitas di Cina, yang hanya sekitar 1 % dibandingkan jumlah siswa Vietnam yang bersekolah disana. Hal ini sangat disayangkan mengingat sudah banyak universitas disana yang masuk ke dalam daftar universitas-universitas terbaik di dunia.

Melalui kinjungan ini kita berharap bahwa pada tahun-tahun berikutnya kesempatan untuk belajar disana semakin terbuka lebar. (Ira Fasa)